Senin, 09 Mei 2016

Perkembangan Panasonic Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis



                                                 Rasiun_30814210 (4.2 Gs)



Tentang PT National Gobel
Sebagai sebuah perusahaan ventura antara Matsushita Electric Industrial, Co. Ltd. di Jepang dan PT Gobel International di Indonesia, PT
National Gobel merupakan produsen dan pemanufaktur peralatan elektronik konsumen terbesar di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1970,
perusahaan ini kini menjadi sebuah perusahaan besar dengan aset sebesar Rp 819 milyar dan pendapatan sebesar Rp 1.8 trilyun di tahun
2002. Kualitas produknya -- seperti radio, radio kaset, perangkat stereo, perangkat stereo untuk mobil, televisi, lemari es, AC, kipas angin,
setrika, pompa air, kotak pengeras suara, dan mesin pres celana -- telah mendapatkaan kepercayaan konsumen. Para pelanggan percaya
bahwa setiap kali mereka membeli sebuah produk merk National atau Panasonic, mereka akan mendapatkan produk yang bermutu.
Profil Perusahaan Panasonic Indonesia
Melalui brand-nya yang dikenal secara umum dengan nama Panasonic, Panasonic Corporation yang berpusat di Osaka, Jepang ini, merupakan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri .

Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kalinya dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Beberapa tahun berikutnya, operasi Panasonic di kawasan ini pun berkembang. Saat ini operasinya ada di 9 negara (termasuk Indonesia) dengan total 75 perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 82,000 orang dan mencapai total penjualan sebesar 9,457 juta US Dollar untuk tahun fiskal 2005, atau sama dengan 26% dari total penjualan luar negeri Panasonic Corporation.

Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio 'tjawang' oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya brand National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, produk kecantikan dan lainnya.
Pencapaian pada kuartal pertama tahun fiskal 2014 ini membuat Indonesia masuk ke daftar negara tiga besar dengan penjualan terbaik se-Asia Pasifik bersama dengan Malaysia.” ujar Hiroyoshi Suga, President Director Panasonic Gobel Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima Bloomberg Businessweek Indonesia, Senin (1/9). 
Panasonic menerima penilaian tinggi khususnya dalam hal “Layanan & Produk”, “Tata Kelola”, “Kegiatan Operasional” dalam kinerja ramah lingkungan.  Sebagai tambahan , Panasonic dievaluasi yang sangat ketat berdasarkan sejumlah penilaian.
"Tujuh Prinsip" ini adalah prinsip yang menjadi pedoman kami dalam menegakkan dan menerapkan FIlosofi Dasar Bisnis.
1. Kontribusi terhadap Masyarakat
2. Keadilan dan Kejujuran
3. Kerja sama dan Semangat Tim
4. Upaya Perbaikan Tanpa Kenal Lelah
5. Kesopanan dan Kerendahan Hati
6. Kemampuan Beradaptasi
7. Rasa Terima Kasih 

Kekuatan, persaingan dan kekurangan

   1.  Point of Presence
                 titik kesamaan pada produk buatan Panasonic dengan buatan perusahaan yang lain :
1.      Pada kualitas yang diciptakannya
2.      Cara memasarkan produk
3.      Variant yang sama namun yang membedakannya dari spesifikasi mesin produk
4.      Banyaknya pesaing yang sama-sama berasal dari daratan cina                                          

      2 .  Point of Diference
          Pihak Panasonic lebih mengutamakan produk kepada friend lines dari Panasonic. Supaya kita jangan berpikir itu brand tua. Dia sebetulnya ingin mereposisi diri sehingga lebih kepada youth, golongan muda yang dinamis, millennium. Makanya kemudian mereka menggunakan bahasa orang-orang muda. Dan itu saya lihat di-support dengan produk-produk baru Panasonic. Sekarang kan produk-produk Panasonic yang diluncurkan trendy sekali.
            Selain trendy, produk Panasonic juga  sangat peduli dengan masalah-masalah lingkungan hidup di Indonesia, dengan tujuan utamanya menciptakan teknologi “zero emissions” dengan berbagai cara seperti meminimalkan jumlah emisi karbondioksida (CO2) di dalam proses operasional, menggunakan produk yang dapat didaur ulang, pembangunan eco factory, mendorong konservasi lingkungan dan mempromosikan aksi eco ideas di lingkungan masyarakat.

       3.  Brand positioning
Target Market
Yang kita ketahui disini, brand Panasonic sudah banyak dikenal oleh masyarakat di berbagai mancanegara sebagai produk elektronik berteknologi canggih yang berkualitas tinggi. Oleh sebab itu brand tersebut juga menyesuaikan target market yang mereka tuju. Target market Panasonic adalah masyarakat ekonomi menengah keatas.

Panasonic Brand Positioning during early launch
Why?
-          Panasonic adalah brand dari barang – barang elektronik yang berkualitas tinggi, performa yang bagus, serta teknologi yang memiliki fitur-fitur yang canggih dan selalu memberikan inovasi yang terbaik.
-          Ambassador in Indonesia Dian Sastrowardoyo.

For Whoam?
Masyarakat ekonomi kelas menegah keatas

What?
Panasonic menawarkan sebuah inovasi – inovasi terbaik dan tercanggih di setiap produknya yang high perform, high quality dan hemat energi.
Against whoam?
Sony, Asus, Acer, Sharp, Samsung, LG, Polytron.

Panasonic Repositioning
Why?
-          Toshiba adalah brand dari barang – barang elektronik yang berkualitas tinggi, performa yang bagus, serta teknologi yang memiliki fitur-fitur yang canggih dan selalu memberikan inovasi yang terbaik.
-          New Ambassador in Indonesia Atiqah Hasiholan. Pemilihan Atiqah Hasiholan sebagai Brand Ambassador Panasonic di Indonesia bukan hanya karena kecantikannya, melainkan kepribadiannya yang menarik, smart serta kepedulian Atiqah terhadap masalah-masalah lingkungan hidup di Indonesia yang selaras dengan visi Panasonic.”. Hal ini juga merupakan strategi jangka panjang Panasonic untuk tetap aktif beroperasi yang menguntungkan tanpa merugikan lingkungan hidup dan mengaplikasikannya melalui gaya hidup eco (green life innovation) dan gaya bisnis yang eco (green business innovation).

For Whoam?
Masyarakat ekonomi kelas menegah keatas yang ingin selalu update dengan inovasi teknologi.

What?
Panasonic menawarkan sebuah inovasi – inovasi terbaik dan tercanggih di setiap produknya yang high perform, high quality, gaya hidup eco (green life innovation) serta gaya bisnis eco (green business innovation), hemat energi dan ramah lingkungan.
Against whoam?
Sony, Asus, Acer, Sharp, Samsung, LG, Polytron.

Panasonic Brand Positioning
Dari positioning awal hingga ke repositioning sudah jelas membuktikan bahwa brand positioning dari Panasonic adalah
-          Berkualitas
-          Hemat Energi
-          High Perform
-          Good Innovation
-     Ramah Lingkungan


Diagram fhisbone:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar